Ad Code

CARA MENGATUR SPASI BARIS DI MICROSOFT OFFICE WORD 2007

Spasi baris atau istilah kerennya di Microsoft Office Word dengan sebuta Line Spacing adalah jarak antara baris pertama dengan baris ke dua atau berikutnya dalam suatu kalimat atau paragraf. Dalam pengetikan suatu dokumen atau laporan biasanya Anda akan menggunakan spasi baris 1.5 atau 2. Penggunaan spasi baris dalam suatu pengetikan dokumen atau laporan adalah hal yang sangat penting dan merupakan suatu keharusan karena Anda harus mengikuti aturan atau tata cara penulisan dokumen atau laporan yang benar.
 
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara mengatur spasi baris di dalam pengetikan suatu dokumen atau laporan. Poin penting yang harus Anda tahu adalah aturan dalam membuat suatu dokumen atau laporan (menggunakan kertas apa? margin kiri, kanan, atas dan bawah harus berapa? jenis dan ukuran huruf yang digunakan harus apa? kata atau kalimat yang harus tebal, miring atau garis bawah harus yang mana? atau spasi baris yang digunakan harus berapa?). Untuk cara mengatur spasi baris akan saya jelaskan sebagai berikut:
1. Buka lembar kerja atau dokumen Microsoft Office Word 2007
2. Pilih Tab Home - Group Paragraph - Line Spacing

Tampilan Line Spacing pada Group Paragraph

3. Pilih spasi baris yang akan digunakan (Spasi default adalah 1.15)
    Spasi baris yang ada adalah 1.0, 1.15, 1.5, 2.0, 2.5, 3.0 jika Anda ingin spasi baris yang lebih 
    dari 3.0 bisa dengan memilih Line Spacing Options.
    Disamping itu, Anda juga bisa menggunakan tombol pintas keyboard:
    - Spasi baris 1 : CTRL + 1
    - Spasi baris 1.5 : CTRL + 5
    - Spasi baris 2 : CTRL + 2
4. Ketik kalimat yang akan menjadi suatu pargraf untuk bisa melihat hasilnya.

Akan tetapi jika Anda sudah telanjur mengetik kalimat sampai baris bawah, jangan khawatir karena masih bisa diatur spasi barisnya dengan mengikuti langkah berikut:
1. Blok tulisan atau tempatkan kursor aktif di area tulisan yang akan diatur spasi barisnya.
2. Atur spasi baris dengan mengikuti langkah 2 di atas.
3. Perhatikan perubahan perataan tulisan sebelum dan sesudah diatur spasi barisnya.

Sampai di sini pasti Anda sudah faham caranya. Jika masih belum faham dana mengalami kesulitan silahkan dipahami dan dipraktekkan lagi langkah-langkahnya. Silahkan coba praktekkan dengan menggunakan spasi baris 1.0, 1.15, 1.5, 2.0, 2.5, 3.0 untuk mengetahui perbedaannya. Lebih baik mencoba dan mempraktekkan sendiri biar lebih puas.

Demikian artikel tentang "Cara Mengatur Spasi Baris di Microsoft Office Word 2007". Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar

0 Komentar