Ad Code

TOMBOL PINTAS PADA MICROSOFT OFFICE WORD

Tombol pintas adalah perpaduan atau kombinasi dari tombol-tombol keyboard yang digunakan sebagai shortcut untuk memilih menu. Tombol pintas ini sangat berguna karena bisa mempersingkat waktu dan efisiensi kinerja Anda. Pada keyboard Laptop atau komputer Anda ada bermacam-macam tombol yang masing-masing mempunyai fungsi sendiri-sendiri tetapi jika dikombinasikan dengan tombol lain akan lebih bermanfaat dan efektif untuk bisa menghasilkan perintah baru.


Alangkah baiknya jika Anda sedang mengetik suatu dokumen lebih baik menggunakan tombol pintas kombinasi untuk mempercepat kinerja karena tidak usah memegang mouse untuk klik menu yang akan digunakan. Anda cukup menekan kombinas tombol yang ada di keyboard untuk menghasilkan perintah atau otomatis menu yang Anda gunakan langsung aktif tanpa harus memilih dan klik menu tersebut. Syarat utamanya adalah Anda harus tahu kombinasi tombol keyboard tersebut.

Terus, bagiamana jika Anda belum tahu tombol pintas keyboard? Nah, jangan bingung dulu karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai tombol pintas keyboard di Microsoft Office Word 2007. Lebih jelasnya bisa dilihat pada beberapa tombol pintas keyboard berikut:
  • Ctrl + 0 digunakan untuk menaikkan atau menurunkan 1 spasi
  • Ctrl + 1 digunakan untuk membuat teks terpilih menjadi berspasi 1
  • Ctrl + 2 digunakan untuk membuat teks terpilih menjadi berspasi 2
  • Ctrl + 5 digunakan untuk membuat teks terpilih menjadi berspasi 1,5
  • Ctrl + A digunakan untuk memilih seluruh teks
  • Ctrl + B digunakan untuk memberi efek tebal pada teks terpilih
  • Ctrl + C digunakan untuk perintah salin
  • Ctrl + D digunakan untuk memunculkan menu Huruf (Font)
  • Ctrl + E digunakan untuk mengetengahkan teks terpilih
  • Ctrl + F digunakan untuk perintah mencari kata tertentu
  • Ctrl + G digunakan untuk menuju halaman tertentu
  • Ctrl + H digunakan untuk mengganti teks dengan teks yang lain
  • Ctrl + I digunakan untuk teks yang terpilih menjadi miring atau kembali
  • Ctrl + J digunakan untuk teks yang terpilih menjadi rata kanan kiri
  • Ctrl + K digunakan untuk membuat hipertaut (Hyperlink)
  • Ctrl + L digunakan untuk teks Rata Kiri
  • Ctrl + M digunakan untuk menggeser tepi kiri teks (Indentation) ke kanan. 
  • Ctrl + N digunakan untuk membuka berkas baru
  • Ctrl + O digunakan untuk mencari dan membuka berkas yang telah dibuat
  • Ctrl + P digunakan untuk perintah mencetak (mengeluarkan menu pencetakan)
  • Ctrl + Q digunakan untuk menghapus format paragraf
  • Ctrl + R digunakan untuk teks Rata Kanan
  • Ctrl + S digunakan untuk menyimpan berkas
  • Ctrl + T digunakan untuk menggeser baris menggantung ke kanan.
  • Ctrl + U digunakan untuk memberi garis bawah teks yang dipilih (Underline)
  • Ctrl + V digunakan untuk nenempatkan salinan atau pindahan (Paste)
  • Ctrl + W digunakan untuk menutup jendela
  • Ctrl + X digunakan untuk memindahkan bagian yang dipilih (Cut)
  • Ctrl + Y digunakan untuk membatalkan Undo (Redo)
  • Ctrl + Z  digunakan untuk membatalkan perintah editing terakhir (Undo)
  • Ctrl + = digunakan untuk membuat tulisan di bawah teks (Subscript )
  • Ctrl + Shift +  +  digunakan untuk membuat tulisan di atas teks (Superscript)
  • Ctrl + F2 digunakan untuk print Preview
  • Shift + F3 digunakan untuk mengubah kasus huruf (Change Case)
  • Ctrl + Shift + A digunakan untuk mengubah teks terpilih menjadi KAPITAL atau kembali ke bentuk sebelumnya.
  • Ctrl + Shift + B digunakan untuk mengubah teks menjadi tebal atau sebaliknya
  • Ctrl + Shift + C digunakan untuk mengopi format (Copy Formatting)
  • Ctrl + Shift + D digunakan untuk memberi garis bawah doubel
  • Ctrl + Shift + F digunakan untuk mengubah/memilih model huruf skrip
  • Ctrl + Shift + G digunakan untuk menampilkan statistik jumlah halaman, kata, karakter, garis, dan lain-lain.
  • Ctrl + Shift + H digunakan untuk menghapus teks terpilih
  • Ctrl + Shift + I digunakan untuk memiringkan teks terpilih = “Ctrl” “I”
  • Ctrl + Shift + J digunakan untuk karakter memenuhi jendela (Distribusi)
  • Ctrl + Shift + K digunakan untuk mengubah teks terpilih menjadi SMALL CAPS (huruf kapital berukuran kecil, dan awal kata huruf kapital normal)
  • Ctrl + Shift + L digunakan untuk daftar berbulir (Bullets)
  • Ctrl + Shift + Q digunakan untuk mengubah karakter terpilih menjadi simbol 
  • Ctrl + Shift + V digunakan untuk menempel Format (Paste Formatting)
  • Ctrl + Shift + W digunakan untuk memberi garis bawah tiap kata
  • Ctrl + Alt + V digunakan untuk menempel Spesial (Paste Special)
  • Home digunakan untuk memindah kursor ke awal baris
  • End digunakan untuk memindah kursor ke akhir baris
  • Insert digunakan untuk menempel salinan atau pindahan
  • Page Up digunakan untuk menampilkan satu jendela ke atas
  • Page Down digunakan untuk menampilkan satu jendela ke bawah
  • Num Lock digunakan untuk menghidupkan/mematikan keypad angka
  • Esc digunakan untuk  membatalkan perintah terakhir/menutup kotak dialog
  • Tab digunakan untuk menggeser teks 1 tab
  • Backspace digunakan untuk menghapus satu karakter di sebelah kiri kursor
  • Caps Lock digunakan untuk mengaktifkan tombol menjadi huruf KAPITAL
  • Delete digunakan untuk menghapus satu karakter di sebelah kanan kursor
  • F1 digunakan untuk menampilkan pertolongan
  • F2 digunakan untuk memindah teks
  • F4 digunakan untuk mengulang aksi terakhir
  • F5 digunakan untuk menuju ke … 
  • F6 digunakan untuk berpindah ke frame berikutnya
  • F7 digunakan untuk mengecek ejaan
  • F8 digunakan untuk menghapus teks terpilih
  • F9 digunakan untuk memperbaharui field
  • F10 digunakan untuk memunculkan huruf jalan pintasan (shortcut) pada menu atau toolbar
  • F11 digunakan untuk berpindah ke Field berikutnya
  • F12 digunakan untuk  simpan berkas dengan nama baru (Save As)
Jika Anda belum hafal silahkan dihafal saja tapi langkah yang paling penting adalah kebiasaan untuk menggunakan tombol pintas tersebut. Jika Anda terbiasa menggunakan tombol pintas tersebut, lama-kelamaan juga akan hafal dengan sendirinya.

Demikian artikel mengenai "Tombol Pintas di Microsoft Office Word". Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.