Ad Code

CARA MENGURUTKAN (ASCENDING ATAU DESCENDING) DATA DI MICROSOFT OFFICE WORD 2007

Mengurutkan teks atau angka adalah proses mengurutkan data berdasarkan abjad (A-Z atau Z-A) atau mengurutkan angka sesuai dengan no urut angka (0-9 atau 9-0). Untuk mengurutkan huruf abjad A-Z atau angka 0-9 dikenal dengan sebutan Ascending sedangkan mengurutkan huruf abjad dari Z-A atau 9-0 dikenal dengan sebutan Descending. Untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan mengenai pengertian Ascending dan Descending itu sendiri. Ascending adalah pengurutan berdasarkan dari yang terkecil ke yang terbesar sedangkan Descending adalah pengurutan dari yang terbesar ke yang terkecil.

Pengurutan teks atau angka dalam suatu paragraf bertujuan untuk mempermudah dalam pencarian data. Penulisan data yang tidak berdasarkan abjad akan mempersulit pembaca dalam melakukan pencarian data karena pembaca harus mencarinya satu per satu. Nah...di Microsoft Office Word 2007 ini sudah ada fasilitas atau fitur untuk melakukan pengurutan data yang dikenal dengan Sort. Bagi Anda yang masih bingung atau belum tahu caranya untuk melakukan pengurutan data di Microsoft Office Word 2007, jangan kahawatir dulu karena pada kesempatan kali ini saya akan menjeleskan cara mengurutkan data di Microsoft Offfice Word 2007. Simak langkah-langkahnya berikut ini:
1. Buka lembar kerja atau dokumen Microsoft Office Word 2007.
2. Isikan data pada lembar kerja atau dokumen.
3. Pilih dan blok data yang akan diurutkan berdasarkan abjad.
4. Pilih Tab Home - Group Paragraph - Sort. Lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Tampilan Menu Sort di Tab Home - Group Paragraph

5. Pilih Sort by yang akan digunakan:
    - Sort : Paragraphs
    - Tipe : Text, Number atau Date
    - Jenis Urutan: Ascending atau Descending
6. Pilih dan klik OK
7. Lihat hasil perubahannya setelah dilakukan pengurutan data.

Untuk melihat perbedaan antara ascending dengan descending, silahkan coba lakukan pengurutan data berdasarkan descending juga jika Anda mau mencobanya. Sangat bermanfaat bukan untuk pengurutan data ini? Disamping mempermudah juga mempersingkat waktu pencarian data karena data sudah dikelompokkan berdasarkan abjad atau urutan nomor.

Demikian artikel mengeni "Cara Mengurutkan Data (Ascending atau Descending) di Microsoft Office Word 2007". Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar

0 Komentar