Ad Code

FUNGSI TAB INSERT PADA MICROSOFT OFFICE WORD 2007

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan fungsi Tab Insert pada Microsoft Office Word 2007. Tab Insert di Micrososoft Offiece Word 2007 ini memiliki 7 group, yaitu:
1. Group Pages
2. Group Tables
3. Group Illustrations
4. Group Links
5. Group Header dan Footer
6. Group Text
7. Group Symbols
Untuk penjelasan masing-masing group dan tampilan Tab Insert bisa dilihat pada gambar berikut:

Tampilan Tab Insert Pada Microsoft Office Word 2007

1. GROUP PAGES

Pada Group Pages ini terdiri dari 3 menu, yaitu:
  • Cover page. Menu ini digunakan untuk membuat atau merubah tampilan halaman cover Micrososft Office Word. Anda bisa memilih tampilan halaman cover default bawaan dari Microsoft Office Word sesuai selera atau kriteria.
  • Blank Page. Menu ini digunakan untuk membuat halaman kosong baru. Maksdnya jika kursor pada halaman 1 sudah terisi data kemudian klik Blank Page maka secara otomatis akan pindah ke halaman 2 yang masih kosong.
  • Page Break. Menu ini digunakan untuk memisahkan paragraf dengan halaman berbeda. Prinsipnya hampir sama dengan dengan blank page. Hanya saja ada perbedaan, bedanya pada Page Break Anda dapat memisahkan paragraf dengan halaman yang berbeda.

2. GROUP TABLES

Pada Group Tables ini hanya ada 1 menu, yaitu
  • Tables. Menu ini digunakan untuk membuat tabel di halaman kerja. Disamping itu juga Anda bisa melakukan edit (tambah atau hapus) terhadap tabel yang ada.

3. GROUP ILLUSTRATIONS

Pada Group Illustrations terdiri dari 5 menu, yaitu:
  • Picture. Menu ini digunakan untuk menambahkan atau menyisipkan file gambar. Silahkan Anda Klik Picture sehingga akan diarahkan ke file komputer untuk memilih gambar.
  • Clip Art. Menu ini digunakan untuk menyisipkan gambar dari folder clip art. Gambar clip art ini sudah ada gambar bawaan sehingga Anda tinggal memilih saja.
  • Shapes. Menu ini digunakan untuk menambahkan bentuk seperti: line,basic shapes, block arrows, Flowchart, callouts, start dan banner.
  • SmartArt. Menu ini digunakan untuk menambahkan icon list, process, Cycle, Hierarchy, Relationship, matrix, Pyramid menggunakan graphic.
  • Chart. Menu ini digunakan untuk menambahkan grafik dengan pilihan column, line, pie, bar, area, x y (scatter), stock, surface, doughnut, bubble, dan radar.

4. GROUP LINKS

Pada Group Links ini terdapat 3 menu, yaitu:
  • Hyperlink. Menu ini digunakan untuk menambahkan link halaman atau url website.
  • Bookmark. Menu ini digunakan untuk membuat halaman favorit.
  • Cross-reference. Menu ini digunakan untuk membuat halaman refensi atau rujukan.

5. GROUP HEADER DAN FOOTER

Pada Group Header dan Footer ini terdapat 3 menu, yaitu:
  • Header. Menu ini digunakan untuk membuat header di halaman kerja atas, contoh membuat kop halaman surat.
  • Footer. Menu ini digunakan untuk membuat footer. Footer ini hampir sama dengan header hanya bedanya terletak di bawah halaman dokumen.
  • Page Number. Menu ini digunakan untuk membuat nomor halaman kerja. Untuk membuatnya Anda bisa menempatkan pada bagian atas (header) dan juga bisa di bawah (footer).

6. GROUP TEXT

Pada Group Text ini terdapat 7 menu, yaitu:
  • Text Box. Menu ini digunakan untuk membuat teks di dalam kotak. 
  • Quick Parts. Menu ini digunakan untuk mengatur teks secara otomatis.
  • WordArt. Menu ini digunakan untuk membuat teks 3 dimensi dengan gaya yang Anda inginkan.
  • DropCap. Menu ini digunakan untuk memperbesar huruf di awal paragraf dengan berbagai gaya teks.
  • Signature Line. Menu ini digunakan untuk membuat tanda tangan dan nama.
  • Date dan Time. Menu ini digunakan untuk menambahkan tanggal dan waktu.
  • Object. Menu ini digunakan untuk menambahkan file di halaman kerja.

7. GROUP SYMBOL

Pada Group Symbol ini terdapat 2 menu, yaitu:
  • Equation. Menu ini digunakan untuk menambahkan simbol-simbol matematika atau rumus.
  • Symbol. Menu ini digunakan untuk menambahkan simbol-simbol.
Dari penjelasan masing-masing group dari Tab Insert di atas semoga Anda tidak bingung karena sudah bisa memahaminya dan tahu kegunaan serta fungsi dari masing-masing menu tersebut di atas. Untuk contohnya jika Anda ingin memasukkan tabel bisa dengan memilih menu Table, jika ingin menambahkan header di dokumen bisa dengan memilih menu Header dan masih banyak menu lainnnya sesuai dengan kebutuhan Anda dalam membuat suatu dokumen atau laporan.

Demikian artikel mengenai "Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Office Word 2007". Untuk Tab selanjutnya, Tab Page Layout akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar

0 Komentar